Jumat, 03 Juni 2016

Cara Ternak Kelinci Potong Mulai Dari Mengawinkan Sampai Panen

Cara Ternak Kelinci Potong - Yang butuh pehatikan dalam mengawinkannya yaitu jangan sampai mengawinkan yang belum siap kawin. Lantaran bila anda paksakan jadi bakal beresiko kelinci potong itu bakal rusak. Umumnya bila seorang memaksakan kelinci pejantan untuk di kawinkan jadi bakal menyebabkan kelinci potong pejantan alami pergantian bentuk jadi kerdil, hingga bakal mengganggu perkembangan pada dianya serta pada kelinci potong betina juga bakal alami tidak berhasil bunting bila di paksakan. Oleh karenanya kawinkan kelinci potong dengan usia yang ideal sekitaran 8 Bln. lebih.
cara ternak kelinci yang baik,cara ternak kelinci hias,ternak kelinci lokal,cara ternak kelinci pemula,
http://carabudidayakolam.blogspot.com/

Terkecuali dari itu ciri kelinci potong siap kawin umumnya dapat juga dipandang dari kelakuannya dan bentuk fisik pada kelamin nya. Pada perilaku kelinci potong yang siap kawin mereka bakal kerapkali memberikan tingkah laku seperti gelisah, mendekati lawan type, hoby menggosok-gosok gosokan dagu, serta paling akhir mempunyai bentuk fisik di bagian vulvanya yang berwarna merah jambu.

Saat anda telah mempunyai sepasang kelinci potong dengan usia yang cukup serta menginginkan selekasnya mengawinkannya. Hal pertama yang perlu anda kerjakan yaitu bawa kelinci potong betina ke kandang kelinci potong jantan. Utama! Jangan pernah terbalik, lantaran hal semacam ini mempunyai manfaat supaya kelinci potong jantan mempunyai Kepedean serta menguasai kandang waktu perkawinan. Sesudah kelinci potong betina telah anda letakkan dalam kandang jantan. Jadi baiknya biarlah sebagian waktu, biarlah mereka berdua bercumbu.

Setelah itu bila anda lihat kelinci potong itu telah kawin dengan bentuk kelinci potong jantan menaiki betina sekitaran 5 menit (reproduksi). Jadi anda segera angkat kelinci potong betina dari kandang serta berikanlah kelinci potong betina itu untuk istirahat sepanjang 15 menit. Kemudian input lagi kelinci potong betina itu ke kandang jantan. Nah bila kelinci potong betina telah tidak ingin di kawinkan, jadi itu tandanya perkawinan pada ke-2 kelinci potong telah usai. Lantas kembalikan kelinci potong betina itu ke kandangnya.

Bila anda telah bisa mengatahui mengenai cara mengawinkan kelinci potong. Jadi hal setelah itu yang anda butuhkan yaitu bagaimana tahu kelinci potong hamil? Seekor kelinci potong yang tengah hamil umumnya bakal alami penambahan mengkonsumsi makanan pada dianya. Sekitaran dua minggu sebelumnya induk kelinci potong melahirkan, biasanya induk kelinci potong bakal konsumsi makanan semakin banyak supaya bisa memenuhi keperluan nutrisi bayinya.

Pada kehamilan di minggu ketiga pergantian perut yang makin jadi membesar pada kelinci potong betina yang tengah hamil akan dihadapi oleh mereka. Tetapi pembesaran perut pada kelinci potong yang tengah hamil biasanya juga tidak selamanya tampak seperti hewan yang lain. Jadi untuk tahu dengan cara tentu, tes kehamilan yang umum di sebut dengan nama palpitasi mesti di kerjakan.

Palpitasi umum di kerjakan lewat cara meraba raba perut kelinci potong betina supaya bisa rasakan ada bentuk bola sebesar ukuran buah zaitun. Terkecuali dari itu mengatahui hal-hal lain dari kelinci potong hamil, kelinci potong hamil akan alami kepribadian yang bakal makin agresif. Waktu saat kehamilan nya tersisa 2 atau 3 hari umumnya induk kelinci potong bakal mulai bikin sarang. kelinci potong itu umumnya bakal menghimpun benda apa sajakah untuk bikin sarangnya termaksud bulu pada dianya.

Bila anda sudah tahu kelinci potong kelinci potong betina anda tengah hamil, jadi hal setelah itu yang perlu anda sediakan yaitu tahu beragam hal mengenai semua persiapan anak kelinci potong yang baru lahir.

Kontrol pada anak kelinci

Setalah dua hari induk kelinci potong melahirkan jadi anda sebagai peternak mesti lakukan penelusuran pada anak kelinci potong itu. Yakinkan untuk mengatahui keadaan anak itu apakah sehat, cacat, atau mati. Anak kelinci potong yang mati harus untuk diambil serta di pendam supaya tak membawa penyakit pada kelinci potong yang masihlah sehat. Serta untuk kelinci potong yang cacat juga pisahkan, lantaran mungkin cacat kelinci potong pada dianya di sebabkan virus yang bisa meneror kelinci potong kelinci potong lain yang sehat.

Melindungi keselamatan untuk anak kelinci potong

Supaya anak kelinci potong anda terjamin keselamatannya jadi butuh diperhatikan beragam hal di bawah ini.

Sediakan kotak sarang yang prima untuk anak kelinci potong yang baru lahir. Ini mempunyai tujuan supaya anak itu bakal terproteksi dengan aman pada dingin, panas serta tiupan angin meskipun.

Yakinkan anak mesti telindung dari induk yang kanibal. Kadang-kadang terdapat banyak indukan yang kerap mengonsumsi anaknya, jadi karenanya hal itu mesti diperhatikan.

Bayi kelinci yang sangat banyak (induk yang tidak mampu untuk meyusui)

Biasanya induk kelinci potong yang tengah produktif bakal melahirkan anak kelinci sebesar 8 – 12 ekor. Nah lantas bagaimana dengan anak yang terlahir sejumlah 12 ekor? Sesaat jumlah puting pada induknya cuma ada 8? Oleh karenanya bila anda inginkan anak mempunyai perkembangan optimal serta bagus, jadi baiknya bayi kelinci potong tersebut di titipkan ke induk kelinci potong yang lain. Hal itu dapat juga di aplikasikan pada induk tidak ingin menyusui anaknya.

Perawatan yang perlu diperhatikan saat anakan lahir yaitu menyiapkan kandang itu supaya senantiasa hangat. Manfaat pada kandang ini adalah untuk menanggulangi induk kelinci potong yg tidak spenuhnya dapat menghangatkan anaknya. Oleh karenanya yakinkan senantiasa supaya kandang itu dapat senantiasa hangat untuk anak anak kelinci potong yang baru lahir, ini untuk kesehatan anak kelinci potong itu. Anjuran dari saya supaya kandang itu dapat senantiasa hangat, anda dapat meletakkan pakaian sisa atau kain didalam kandang itu sebagai tempat tidur anakan baru lahir.

Terkecuali dari itu cermati konsumsi makanan pada anak. Yakinkan jangan pernah telat untuk memberi konsumsi makanannya. Lantaran kelinci potong yang baru lahir bakal rawan serta begitu gampang diserang beragam penyakit yang di sebabkan ketahanan badan yang belum stabil. Jadi lantaran dari itu dengan kita teratur memberi konsumsi makanan yang pas, bakal menolong ketahanan anak kelinci potong itu serta anda juga janganlah lupa selalu untuk memerhatikan lingkungan di sekitaran dalam menjaga anak kelinci potong, lantaran umumnya karenanya ada kebisingan bakal bikin anak kelinci potong jadi takut serta stres.

Hingga pada kelinci potong anakan itu bakal menyebabkan terkena penyakit waktu keadaan badannya melemah aki bat stres pada lingkungan. Paling akhir, yakinkan induk kelinci potong tak alami kelaparan, lantaran dalam soal ini induk kelinci potong begitu memegang peran dalam keberlangsungan hidup pada anak nya yang baru lahir. Anakan kelinci tentunya bakal senantiasa memerlukan nutrisi makanan dari induk nya. Oleh karenanya anda mesti yakinkan supaya induk kelinci potong itu tak kelaparan dengan berikan makan dengan teratur. Mudah-mudahan artikel mengenai cara beternak kelinci potong ini bisa bermanfaat untuk breeder kelinci potong pemula.

Cara Ternak Kelinci Potong Mulai Dari Mengawinkan Sampai Panen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahmud Ubak