Jumat, 03 Juni 2016

Tahapan Cara Budidaya Kelinci Pedaging Sampai Panen

Cara budidaya kelinci pedaging cukup menjanjikan lantaran kelinci pedaging termasuk juga hewan yang mudah dijinakkan, gampang menyesuaikan serta cepat berkembangbiak. Pada umumnya ada dua grup kelinci , yaitu kelinci pedaging budidaya serta kelinci budidaya untuk hias. kelinci pedaging budidaya yaitu type kelinci pedaging yang dibudidayakan untuk dikonsumsi dagingnya atau di ambil kulit serta bulunya. Sedang kelinci hias yaitu type kelinci pedaging untuk hewan yang paling disayangi.

Cara Budidaya Kelinci Pedaging,jenis kelinci pedaging unggul,harga kelinci pedaging,jenis kelinci pedaging,ternak kelinci pedaging modern,

Sesungguhnya tidak ada batasan tentu pada kelinci pedaging hias serta budidaya. Banyak ras kelinci pedaging yang awalannya diperlakukan sebagai mana kelinci hias, masa datang digunakan jadi kelinci pedaging. Lantaran ras itu mempunyai kelebihan pedaging seperti bobotnya yang besar, perkembangan bobot cepat serta perkembangbiakannya tinggi. Demikian halnya demikian sebaliknya, kelinci pedaging yang awalannya ditujukan untuk pedaging tetapi lantaran bentuk serta rupanya indah memukau, lalu diperkembang sebagai kelinci pedaging hias.

Tipe Kelinci Pedaging Budidaya

Ada tiga konsentrasi paling utama dalam budidaya kelinci pedaging, yaitu bertujuan pada daging, kulit serta bulu. Beberapa jenis kelinci pedaging juga mempunyai kelebihan tidak sama, ada yang unggul di perkembangan daging, kwalitas kulit serta produksi bulu atau woll. Di Indonesia, budidaya kelinci masihlah di dominasi oleh kelinci pedaging. Hal semacam ini lantaran industri kulit serta woll kelinci pedaging belum berkembang luas. Sebaiknya kita mengetahui beberapa jenis kelinci pedaging supaya dapat sesuai dengan tujuan budidaya kita, apakah ingin konsentrasi pada daging, kulit atau bulu. Kementerian Pertanian keluarkan tips untuk beberapa pebudidaya kelinci pedaging supaya pelihara kelinci pedaging sesuai sama peruntukannya.

Mempersiapkan Kandang Budidaya

Pada umumnya ada dua type kandang yaitu, system terbuka serta tertutup. Kandang system terbuka berbentuk hamparan tempat yang seputarnya di beri pagar. kelinci pedaging dilewatkan bebas berkeliaran dalam ruang itu. Dalam ruang kandang disiapkan naungan untuk berteduh serta tempat istirahat. Kandang terbuka ini telah jadi tipikal usaha budidaya kelinci pedaging tradisional di Indonesia. Dengan system seperti ini pemeliharaan relatif lebih gampang. Terlebih bila hamparannya luas, kelinci pedaging dilewatkan mencari makan sendiri jadi bila sekali-kali telat dalam berikan pakan tak perlu cemas. Kekurangan system ini membutuhkan tempat yang luas. Cuma layak dikerjakan di pedesaan di mana ketersediaan tempat cukup besar.

Kandang tertutup adalah kandang yang dibatasi lantai, dinding serta atap. Kandang type ini pas untuk usaha budidaya intensif. Budidaya kelinci pedaging dengan system kandang tertutup membutuhkan dua type kandang, yakni type postal serta type baterai. Kandang type postal yaitu kandang untuk meletakkan sebagian ekor kelinci pedaging sekalian. Dipakai sebagai kandang perkembangbiakkan serta menjaga anak-anak kelinci pedaging. Sedang kandang type baterai yaitu kandang yang didesain untuk mewadahi satu ekor kelinci pedaging per kandang, umumnya berupa rack bersusun. Pas dipakai untuk pembesaran. Untuk tahu lebih jauh mengenai system perkandangan kelinci pedaging, silakan saksikan beberapa type kandang kelinci pedaging.

Pilih indukan Untuk Budiadaya

Pilih bibit atau calon indukan mesti betul-betul di perhatikan. Lantaran bibit bertindak besar memastikan tingkat kesuksesan budidaya kelinci pedaging. Indukan kelinci pedaging memastikan produktivitas serta kwalitas hasil budidaya. Di bawah ini sebagian strategi untuk pilih bibit budidaya kelinci pedaging potong :
Mencari kelinci pedaging yang mempunyai kisah kesehatan yang baik. Keturunan dari kelinci kelinci yang membuahkan banyak anak dalam sekali kelahiran.
  1. Bobot badan indukan kelinci betina minimum 4-5 kg, jantan 3-5 kg.
  2. Mempunyai pinggul yang bulat penuh.
  3. Punggung tak cekung.
  4. Mata cerah, tak tampak lesu serta ngantuk.
  5. Bulu bersih, terlebih di sekitaran kelamin.

Berikan Pakan Pada Budidaya

Di alam bebas kelinci pedaging cuma konsumsi hijauan. Untuk usaha budidaya, kita dapat memberi hijauan, ditambah dengan vitamin. Hijauan yang disukai kelinci pedaging diantaranya limbah sayuran, wortel, lobak serta daun singkong. Juga type rumput-rumputan serta daun-daunan tanaman kacang tanah, jagung serta pepaya. Sedetailnya dapat diliat dalam beberapa jenis makanan kelinci pedaging. Sedang konsentrat umumnya berbentuk pelet buatan pabrik. Pemberian pelet dikerjakan untuk mempermudah serta bikin praktis pemberian pakan. Pelet umumnya telah mempunyai kandungan nutrisi komplit. Cost pembelian pelet memanglah cukup mahal, tetapi ketersediaan serta kontinuitasnya lebih terjamin. 

Hal semacam ini begitu dibutuhkan untuk usaha budidaya kelinci pedaging dengan cara intensif. Pemberian hiijauan diawali mulai sejak kelinci pedaging berusia 2 minggu sedikit untuk sedikit. Type hijaun yang didapatkan baiknya dilayukan terlebih dulu untuk menghindar kembung pada anak kelinci pedaging, yang dapat menyebabkan kematian. Anak kelinci pedaging umumnya disapih sesudah berusia 8 minggu. Keseluruhan keperluan pakan untuk kelinci pedaging meraih 4-5% dari bobot badannya /hari. kelinci pedaging muda sampai 4 bln. memerlukan hijauan 20% dari keseluruhan pakannya. kelinci pedaging kian lebih 4 bln. memerlukan 60% hijauan dari keseluruhan pakannya. Baiknya pisahkan saat pemberian pakan konsentrat dengan hijauan. Umpamanya, konsentrat diberikan saat pagi hari sekitaran jam 10. 00, hijauan dapat diberikan pada jam 13. 00-18. 00.

Mengawinkan Kelinci Pedaging

Satu diantara parameter untuk lihat produktivitas budidaya kelinci pedaging yaitu dengan lihat tingkat kelahiran. kelinci pedaging bereproduksi dengn melahirkan anak. kelinci pedaging masuk step dewasa serta siap dikawinkan pada usia 6-12 bln., bergantung pada type rasnya. Dengan cara alamiah, kelinci pedaging betina yang siap melahirkan anak bakal menujukkan sinyal tanda berahi seperti berikut :
Tampak gelisah, perilakunya senantiasa mencari-cari pejantan.
Sukai menggosokan dagunya pada benda di sekelilingnya atau kelinci lain.
Vulva berwarna kemerahan serta basah.
Untuk mengawinkan kelinci pedaging dapat dengan dua cara, yakni dengan cara berkelompok atau berpasangan. Perkawinan berkelompok dikerjakan lewat cara memasukkan beberapa betina serta pejantan dalam satu ruang. Satu pejantan dapat mengawini 5-10 betina.
Sedang cara berpasangan dikerjakan dengan menggabungkan dalam satu kandang satu betina serta satu jantan. Sepanjang masa perkawinan, amati apakah berlangsung perkawinan atau tak. Apabila tak, peluang tak pas. Ubah pejantan dengan yang lain.

Di bawah ini beberapa hal umum yang butuh di ketahui dalam mengawinkan kelinci pedaging :
  1. kelinci pedaging siap untuk dikawinkan sesudah berusia 6-12 bln., bergantung type ras.
  2. Saat berahi kelinci pedaging berjalan sepanjang 11-15 hari.
  3. Dari saat berahi satu ke saat berahi setelah itu berjalan sepanjang 2 minggu.
  4. Saat kehamilan berjalan 28-35 hari, bergantung type ras.
  5. Dengan cara alami saat menyusui kelinci pedaging dapat berjalan sepanjang 8 minggu. Dalam usaha cara budidaya kelinci pedaging saat menyusui eksklusif dikerjakan sepanjang 15-20 hari. Kemudian anak kelinci pedaging di beri hijauan supaya belajar makan sembari tetaplah menyusui, janganlah disapih. Anak kelinci pedaging dapat disapih sesudah 8 minggu.
  6. kelinci pedaging betina dapat dibuahi lagi (subur kembali) sesudah 2 minggu terhitung mulai sejak melahirkan.
  7. Dalam setahun, kelinci pedaging dapat alami sampai 5 kali kehamilan.
  8. Anaknya dalam satu kali kelahiran 4-12 ekor, bergantung type ras.
  9. Saat produktivitas umumnya berjalan 1-3 th.. Apabila kurang atau kian lebih itu umumnya jumlah serta kwalitas anakan alami penurunan.

Panen Budidaya Kelinci Pedaging

Tak ada patokan pada usia berapakah ternak kelinci dapat dipanen. Pasar kelinci sekarang ini tak semasif type daging lain seperti unggas, kambing. Kelinci umumnya di jual anakannya sebagai peliharaan. Untuk jual anakan baiknya di atas 2 bln., sesudah saat penyusuan. Lantaran kelinci yang sangat muda di kuatirkan akan tidak bertahan terpisah dari induknya.

Sedang untuk pedaging, umumnya dipanen sesudah kelinci berumur 3, 5 bln. atau memiliki bobot 2-3 kg. Lama saat penggemukan untuk meraih bobot itu berjalan sekitaran 2-3 bln.. Apabila di jual lebih lama lagi, umumnya telah tak ekonomis lantaran kelinci memerlukan pakan yang semakin banyak. Jika kita menginginkan jual bibit atau calon indukan, umumnya dipelihara sampai kelinci berusia 10-12 bln.. Harga bibit tak akan diperhitungkan per kg, namun diliat kelebihan keturunan serta kesehatannya.

Tahapan Cara Budidaya Kelinci Pedaging Sampai Panen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown