Jumat, 03 Juni 2016

Tahapan Cara Ternak Kelinci Hias

Cara Ternak Kelinci Hias - Saat ini pemasukan dapat datang dari tempat mana saja, termasuk juga dengan beternak kelinci hias. Baik untuk kelinci hias pedaging atau kelinci hias hias, pemternakan ke-2 type kelinci hias itu terakhir cukup prospektif. Hal semacam ini dapat dibuktikan dari banyak keinginan pasar pada peternak-peternak kelinci hias di beberapa daerah terlebih untuk type kelinci hias pedaging. Walau nampaknya gampang tetapi ada cara-cara ternak kelinci hias yang butuh di perhatikan bila usaha ini digerakkan dengan serius.
cara membuat kandang kelinci,cara ternak kelinci potong,cara ternak kelinci pedaging,cara ternak kelinci anggora,
Sumber: http://carabudidayakolam.blogspot.com/

Bagi penggemar hewan, beternak kelinci hias dapat berikan keuntungan dari dua segi. Yang pertama sebagai jalan lain pemasukan uang, sertameningkatkan hoby pelihara hewan.kesempatan itu sudah pasti dapat digerakkan berbarengan dengan keuntungan berlipat.

Walau dengan modal kecil, penggemar kelinci hias dapat mengawali usaha beternak kelinci hias taraf rumahan dengan modal kecil. Yang paling utama mesti dipahami cara ternak kelinci hias meliputi beberapa langkah pembuatan serta peletakan kandang, penentuan indukan, perawatan, pemberian pakan dsb.

Cara Ternak Kelinci Hias Kudu di Perhatikan

Cara Menyiapkan Kandang

Baik beternak kelinci hias taraf besar ataupun kecil, satu diantara aspek terutama yaitu menyiapkan kandang. Ukuran kandang sendiri dapat sesuai dengan jumlah yang bakal diternakkan. Begitu halnya type kandangnya dapat diambil type kandang kelinci system terbuka atau tertutup. Besar kecilnya butuh merujuk pada luas ruang yang ada.

Untuk ternak kelinci hias taraf rumahan, lebih praktis bila beli kandang di toko hewan. Nah bila peternakan berkembang makin besar, selanjutnya kandang dapat di buat sendiri utntuk kurangi cost pembelian kandang yang semakin besar.

Selanjutnya yaitu tata letak atau posisi kandang yang benar. Kandang kelinci hias butuh ditempatkan di tempat yang tenang, tak bising, serta tidak sering dilalui beberapa orang. Ruang untuk peletakan kandang juga butuh memperoleh supply cahaya matahari yag cukup dan aliran hawa yang ideal. Satu hal yang utama, berikan jarak cukup jauh pada kandang kelinci hias dengan dapur atau ruangan makan.

Cara Pemberian Pakan Ternak Kelinci Hias

Selanjutnya yang diperlukan untuk ternak kelinci hias yakni pengadaan pakan. Biasanya para peternak kelinci berikan pakan berbentuk gabungan pakan pelet serta pakan sayuran. Tetapi banyak pula yang cuma memakai pakan pelet lantaran tambah lebih praktis serta kandungan gizinya lebih prima. Walau demikian para peternak mesti jeli dalam hitung-hitungan usaha mengingat harga pakan pelet cukup mahal. Dasarnya type pakan apa pun mungkin diberikan seandainya tetaplah untungkan.

Seperti yang dijelaskan di atas, harga pakan pelet pabrikan agak mahal. Bila yang diternakkan yaitu kelinci hias dari ras mahal baiknya di beri pakan pelet kwalitas paling baik lantaran harga jual kelinci hias hias tetaplah untungkan. Bila kelinci hias yang diternakkan dari ras umum atau cuma kelinci hias pedaging baiknya di beri pakan gabungan pelet serta limbah sayuran.

Saat Pemberian Pakan Pada Ternak Kelinci Hias

Wajarnya, pemberian pakan baik untuk kelinci hias maupun pedaging yaitu 2 x satu hari, pagi serta sore hari. Yang perlu di perhatikan, tak bisa mencampurkan pada pakan pelet serta saturan pada satu pemberian. Sayuran dapat diberikan saat pagi hari serta pelet diberikan sore hari, atau demikian sebaliknya. Beberapa pakar menyampaikan, tiap-tiap satu ekor kelinci hias memerlukan pakan seberat 5%-6% dari bobot badannya. Jadi para peternak mesti betul-betul cermat waktu berikan pakan. Dengan kata lain tak perlu terlalu berlebih serta tak perlu kekurangan.

Cara Memilih bibit dan calon induk Ternakyang pas!

Pada intinya prasyarat dalam berternak kelinci hias itu bergantung dari maksud pemeliharaan paling utama itu. Untuk maksud pada type kelinci hias seperti angora, rex, serta american chincilia yaitu type kelinci hias yang begitu pas untuk di ternakan. Untuk peternak yang mempunyai maksud pada ternak kelinci hias hias, jadi peternak itu mesti pilih bibit yang mempunyai potensi genetik dan perkembangan bulu yang begitu baik. Dengan cara sepesifik kelinci hias yang bakal di ternakan harus juga memiliki fertilitas tinggi, tak nervouz, tak cacat, bulu tak kusam, aktif, serta mata bersih dan tertangani.


Cara Membedakan Kelinci Jantan serta Betina


kelinci jantan – Mencari tau typekelamin jantan pada kelinci biasanya tak demikian susah, untuk kelinci jantan mempunyai bentuk ciri dibagian bawah dekat ekor serta pas dibagian atas anus ada sejenis tabung yang tertutup bulu, itu adalah (organ penis kelinci hias jantan). Terkecuali dari itu kelinci jantan yang berusia muda sekitaran tiga minggu mempunyai bentuk kepala seperti balok. Untuk ukuran berat tubuh kelinci jantan bakal mempunyai bobot yang lebih kecil dari kelinci betina meskipun kelinci itu dari spesies yang sama.

kelinci hias jantan umumnya juga mempunyai kekhasan waktu dia tampak di cuaca panas, umumnya mereka bakal memberikan benjolan testikel terlebih waktu kelinci hias itu tengah tiduran serta duduk. Untuk kelinci hias penjantan juga mempunyai temperamental yang baik serta akrab dengan siapapun di dekatnya. Di lebih lagi mereka juga mempunyai rasa penasaran yang tinggi bakal beragam hal.

Untuk mencari tau kelinci betina, anda dapat cermati dibagian bawah ekor pas dibagian atas anusnya. Bila anda saksikan ada gundukan dengan celah jadi dapat di yakinkan kelinci itu berkelamin betina. Pada ukuran serta bobot kelinci betina biasanya tidak sama dengan kelinci pejantan.

kelinci betina memilki bobot serta ukuran yang semakin besar dari kelinci pejantan meskipun dari type spesies yang sama. Dibagian kepala kelinci hias pejantan juga mempunyai ketidaksamaan dengan type kelinci hias betina, biasanya bentuk kepala yang tampak pada kelinci hias pejantan mempunyai bentuk lebih membulat.

Tahapan Cara Ternak Kelinci Hias Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahmud Ubak